Meningkatkan Perekonomian dan Pembangunan Desa, Pemeritah desa Raci meresmikan usaha cucian kendaraan ( BUMDes “Raci Sejahtera Abadi” ).

  

DESA RACI – Kepala Desa (Kades) Raci Ibu Mamik Eko Trimurti beserta Perangkat desa dan segenap masyarakat meresmikan Badan Usaha Milik Desa (BUMdes) “Raci Sejahtera Abadi” di Desa Raci  Kecamatan Batangan. Peresmian tersebut diawali dengan kegiatan selamatan oleh Kepala Desa beserta Masyarakat setempat.

Bumdes merupakan bentuk kemitraan antara pemerintah desa sebagai sektor publik dengan masyarakat setempat. Seperti tertuang dalam UU No 6 Thun 2014 pasal 87 ayat 3 menyebutkan Bumdes dapat menjalankan usaha di bidang ekonomi atau pelayanan umum sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Dengan adanya BUMDes “Raci Sejahtera Abadi”, diharapkan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat dan Desa  sesuai dengan PP No. 72 Tahun 2005 tentang Desa: Pasal 78.

 

Adapun jenis usaha yang di kembangkan yaitu tempat cucian kendaraan sepeda motor dan mobil, mengingat potensi di lokasi tersebut terbilang strategis dekat dengan embung. Lokasi tempat cucian tersebut beralamat dijalan poros Raci-Ngening sebelah utara TK Dharma Wanita.

embung yang di manfaatkan sebagai sumber air

Pemerintah desa bertujuan untuk memanfaatkan embung yang sebelumnya difungsikan sebagai tempat penampung air. Dulu embung tersebut banyak dimanfaatkan masyarakat desa sebagai sumber air untuk kebutuhan sehari-hari. Akan tetapi dengan seiring berjalannya waktu masyarakat kurang memfungsikannya, dikarenakan banyak yang sudah menggunakan air PDAM. Hal itu lah yang kemudian menjadi salah satu alasan pemerintah desa untuk memanfaatkan potensi dari embung tersebut.

Pemerintah desa Raci terus berupaya untuk memaksimalkan potensi dan sumber daya yang ada di desa, dan mengajak seluruh masyarakat desa untuk turut serta berpartisipasi dalam mendukung pembangunan dan kemajuan desa.

 

wiji susanto-red.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan