Waspadai Aedes Aegepty, Warga desa Raci serentak melaksanakan kerja bakti sebagai upaya siaga untuk mencegah DBD

Sesuai dengan intruksi Bupati Pati No.443.42/384 Tahun 2016 tentang Siaga Masyarakat Waspada Aides Aegepty, Pemerintah mengimbau kepada masyarakat untuk melakukan kegiatan Waspada Aides Aegepty (SIKAT WAE) kepada seluruh desa dan kecamatan.

Maka pada hari sabtu 9 Februari 2019 sesuai kegiatan yang telah dijadwalkan, warga desa Raci melaksanakan kerja bakti untuk mengantisipasi dan mencegah wabah penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

Sejak pagi pukul 07.00 sampai denga 09.00 warga desa Raci bersama-sama membersihkan saluran air di sepanjang jalan,dan tempat-tempat yang sekiranya menjadi sarang bertumbuh kembang biaknya nyamuk aedes aegypti pembawa virus dengue.

Kegiatan pemberantasan jentik nyamuk aedes aegypti adalah hal yang paling efektif dan efisien. Sebab, apabila hanya mengandalkan Fogging hanya akan membunuh nyamuk dewasa dan bertahan tiga hari. Fogging dilakukan sebagai langkah antisipasi terakhir, dan itupun harus dilakukan dengan syarat-syarat tertentu.

Kendati kegiatan tersebut telah dilaksanakan, Pemerintah desa Raci berharap kegiatan ini dapat menjadi suatu kebiasaan yang berkesinambungan, sebagai kesadaran warga terhadap kebersihan lingkungan dan dampak penyebaran wabah DBD.

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan