Grebeg Seni Pitulasan Desa Raci 2019

Raci- Pentas seni di desa Raci merupakan rangkaian kegiatan karang taruna (Taruna Bhakti) yang tiap tahunnya diadakan guna memeriahkan acara sedekah bumi didesa Raci. Akan tetapi pada tahun ini sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena tahun ini bertepatan juga dengan hari Kemerdekaan RI yang ke-74, maka dari pihak penyelenggara kegiatan mengambil tema “Grebeg Seni Pitulasan Desa Raci. Kegiatan yang digelar di lapangan Ramasakti pada Sabtu (17/8/2019) tersebut mampu memikat minat berbagai kalangan dari masyarakat sekitar. Acara dimulai dari pukul 19:30 hingga malam pukul 21:30 WIB.

Untuk perencanaan serta konsep dalam pelaksanaan even tersebut semua elemen masyarakat ikut berperan, tapi koordinator dan pelaksana tim kegiatan adalah dari karang taruna, yang merupakan wadah pemuda. Dari warga turut berperan memeriahkan dengan mengikuti lomba pentas seni.

“Konsep dalam hal ini kontemporer, dan waktu dalam perencanaan konsep ini kurang lebih satu minggu.”ungkap Bedik Koordinator yang turut berperan dalam perencanaan even tersebut. “di area tengah sebelum menuju panggung pentas seni tari, pengunjung dapat menikmati berbagai seni rupa lukisan-lukisan yang telah disediakan. Kemudian dipintu masuk sebelah barat terdapat property photobooth #2019 agar pengunjung tidak kehilangan momen pada saat itu,”katanya.

“Tujuan diadakannya pameran seni ini diharapkan yang pasti guyub rukun. Pemuda desa Raci itu banyak yang kreatif, akan tetapi belum ada wadah yang menampung, dan disini diharapkan adanya gebrakan yang dimaksud untuk mengenalkan karya-karyanya itu. Dalam hal ini kami menyertakan karya seni rupa berupa lukisan, alasannya adalah untuk mengenalkan kepada seluruh masyarakat, kepada orang tua, pada anak-anak tentang sebuah lukisan bahwa lukisan apabila dilihat, dipandang itu tersirat sebuah makna dan ekspresi, bukan sekedar coretan tangan. Karena di era serba teknologi saat ini anak-anak semakin kurang pengetahuan mereka tentang karya seni,”imbuhnya.

Harapan untuk kedepan supaya setelah ini khususnya para pemuda dapat lebih termotivasi untuk berkreasi dan berinovasi. Sehingga nantinya produk-produk karya putra-putri daerah dapat ditampilkan pada even selanjutnya untuk dipamerkan dan mungkin di pasarkan. Tidak hanya karya seni rupa lukisan, bahkan mungkin nanti kerajinan-kerajinan tangan untuk hiasan souvenir dan lain sebagainya bisa didapatkan disitu._Red

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan