RAPAT RUTIN PKK ” Peran Orang Tua dalam Medampingi Penggunaan Gadget”

Desa Raci, Sabtu (23/11) Bertempat di aula Balai desa Desa Raci diadakan Rapat Rutin PKK. Rapat dimulai pukul 09.00 WIB dan dihadiri ibu-ibu PKK desa Raci yang berjumlah kurang lebih 20 orang.

Dalam rapat ini selain membahas tentang program rutin PKK, juga membahas tentang Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini. Hal yang melatar belakanginya adalah perkembangan teknologi digital yang terus membawa dampak khususnya pada anak-anak usia dini. Perilaku keseharian orang tua terutama dalam penggunaan gadget antara lain smart phone dan gadget  tak jarang juga melibatkan anak-anak . Sifat anak-anak yang cenderung ingin tahu dan mencoba meniru apa yang dilakukan orang tua menuntut peran serta orang tua agar anak bisa bijak dalam menggunakan gadget.

Dipimpin oleh Ketua PKK Desa Raci Ibu Jamisih Sutikno menyampaikan bahwa,”Anak merupakan pondasi penerus bangsa yang rawan terhadap lingkungan sekitar. Apalagi anak usia dini yang usianya rentan dan mereka memiliki daya ingat yang sangat kuat, oleh karena itu peran orangtua terhadap perkembangan anak sangatlah penting sebagai pengawasan”.

Orang tua pada umumnya menyediakan gadget bagi anak umumnya untuk kelancaran komunikasi, menambah wawasan dan hiburan . Alih-alih sebagai sarana komunikasi tak jarang gadget juga berdampak negatif dan melalaikan bagi anak, sehingga anak menjadi tidak disiplin dalam penggunaan waktu belajar,waktu bermain, waktu makan dan waktu  istirahat. Dampak negative ini bisa mempengaruhi psikis dan kesehatan anak khususnya kesehatan mata akibat pengaruh sinar dari layar gadget. Disini diperlukan pengawasan dan perhatian orang tua agar anak-anak bisa produktif dalam menggunakan gadget mereka.

Berikut adalah uraian-uraian yang disampaikan yang harus diperhatikan oleh orang tua terhadap anak usia dini pertama kali adalah dengan menjelaskan kepada anak hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan anak terhadap gadget mereka hal ini bisa dilakukan dengan membuat kesepakatan bersama membuat aturan jadwal penggunaan gadget dan sanksi apabila yang telah disepakati apabila anak melanggar aturan tersebut. Yang kedua adalah dengan menyiapkan aplikasi-aplikasi yang bermanfaat khususnya memanfaatkan informasi yang diperoleh untuk menambah wawasan dan akhlak mulia anak dan menjelaskan cara mengoperasikannya pada anak-anak. Terakhir ikut terlibat dan menyaring konten-konten yang tidak layak untuk ditampilkan pada anak-anak.

Atas dampak positif dan negative dari penggunaan gadget dikalangan anak-anak, faktor pendampingan orang tua menjadi penentu untuk melindungi anak-anak agar anak-anak bijak  dan kondusif dalam menggunakan gadget.

Pada akhir acara ketua kelompok PKK juga menyampaikan beberapa tentang Stunting.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan