FGD Stunting Pertama di Kecamatan Batangan Tahun 2019.

FGD dan Rembug stunting Desa Raci dilaksanakan pada Hari Selasa tanggal 26 November 2019 di Balai Desa Raci. Kegiatan ini dalam rangka menindaklanjuti hasil laporan konvergensi stunting yang telah dilakukan selama Bulan Juli sd September 2019. Rembug stunting ini merupakan yang kedua di Kecamatan Batangan dari 18 desa yang ada, sementara untuk FGD Stunting-nya yang Pertama dilakukan di Kecamatan Batangan. Kegiatan ini dihadiri ketua FKD Desa Raci, KPM Jarmisih, perangkat desa, kader posyandu, bidan desa dan pendamping desa. Sebelum rembug dilakukan FGD hasil laporan konvergensi stunting.

FGD membahas 3 hasil scorecards yaitu rekapitulasi tiga bulanan ibu hamil, rekapitulasi tiga bulanan anak usia 0 sd 23 bulan dan rekapitulasi tiga bulanan PAUD anak 2 sd 6 tahun.

FGD Stunting membahas:

a.   Rumusan permasalahan stunting di Desa

1.   Ada 149 sasaran 1000 HPK dengan rincian bumil 28 dan anak 0 sd 23 bulan ada 121. Masalahnya ada 4 bumil KEK dan 2 bumil Risti.

2.   Ibu hamil memiliki jaminan layanan kesehatan ada 16 orang, artinya ada 12 bumil yang tidak memiliki jaminan kesehatan. Begitu pula dengan Anak usia 0-23 bulan masih ada yang tidak memiliki jaminan layanan kesehatan.

3.   Orang tua/pengasuh yang memiliki anak usia 0-23 bulan mengikuti Kelas Pengasuhan minimal sebulan sekali adalah 0%. Artinya memang sudah ada kelas ibu balita tapi belum dilaksanakan secara rutin setiap bulan untuk semua ibu balita tersebut.

 

Rumusan tersebut di bahas di FGD dan hasilnya ada dalam berita acara rembug stunting Desa Raci Tahun 2019.

M. Agus Prijadi.

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan