Mahasiswa KKN-IK IAIN Kudus 2021 Berpartisipasi Dalam Kegiatan POSBINDU Di Desa Raci

Mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata Terintregasi Kompetensi (KKN-IK) dari kelompok Kecamatan Batangan berpatisipasi mengikuti kegiatan POSBINDU (Pos Pembinaan Terpadu) di Desa Raci Kecamatan Batangan Kabupaten Pati. Rabu (29/09/2021).

POSBINDU (Pos Binaan Terpadu) adalah kegiatan monitoring dan deteksi  dini faktor resiko penyakit tidak menular (PTM). Dimana layanan ini diperuntukkan khusus penyakit tidak menular yang mencakup semua masyarakat usia 15 tahun ke atas baik itu dalam kondisi sehat, masyarakat beresiko maupun masyarakat dengan kasus PTM.

Posbindu ini dilaksanakan pada hari Rabu, tanggal 29 September 2021. Untuk Desa Raci sendiri kegiatan posbindu ini di laksanakan setiap satu bulan sekali di hari rabu, yang dilaksanakan di Balai Desa Raci dan di ikuti oleh kurang lebih 25 orang.

Posbindu dimulai dengan setiap orang melakukan pendaftaran kemudian cek berat badan, tinggi badan, cek riwayat kesehatan keluaraga, tekanan darah, gula darah dan yang terakhir setiap orang akan mendapatakan obat jika dibutuhkan maupun jajanan makanan ringan sebelum pulang, yang sudah disiapkan oleh petugas.

Ketika posbindu dilaksanakan, kami membantu pengecekan berat badan, tinggi badan.

Membantu petugas posbindu untuk mengukur tinggi badan dan berat badan.
Membantu petugas posbindu untuk mencatat hasil tinggi badan dan berat badan.

Adapun tujuan dari posbindu adalah meningkatkan peran masyarakat dalam pencegahan dan penemuan dini faktor resiko PTM (Penyakit Tidak Menular). Posbindu memiliki manfaat membudayakan gaya hidup sehat dengan berperilaku CERDIK, yaitu Cek kondisi kesehatan secara berkala, Enyahka asap rokok, Rajin beraktifitas fisik, Diet yang sehat dengan kalori seimbang, Istirahat yang cukup, dan Kelola Stres.

“ Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat khususnya di Desa Raci, semoga dengan adanya kegiatan posbindu ini dapat  dijadikan wadah informasi mengenai upaya pencegahan dan penemuan dini faktor resiko  PTM (Penyakit Tidak Menular” ujar atin salah satu anggota kkn-ik iain kudus.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan