Penggerak Roda Perekonominan Dari Sektor Perikanan Pengolahan Ikan Bandeng

Foto Bersama Pemilik UMKM "Rumah Bandeng Berkah" Ibu Siti Maunah

Raci, 3 Oktober 2021. Salah satu anggota KKN-IK IAIN Kudus melakukan kunjungan ke rumah prouksi UMKM milik warga dan melakukan pendampingan berupa observasi maupun wawancara mengenai UMKM pengolahan Ikan Bandeng.

Potensi desa Raci sangatlah banyak dan beragam, salah satunya yaitu dari sektor pengolahan ikan bandeng. Ikan bandeng merupakan salah satu hasil perikanan yang mempunyai nilai gizi yang tinggi, dan mudah didapatkan. Karena memiliki banyak duri maka perlu dilakukan suatu cara pengolahan yang tepat supaya diminati oleh konsumen.

Salah satu bentuk olahannya adalah dengan dibuat menjadi otak-otak bandeng, yaitu suatu olahan bandeng yang diperoleh dengan cara mencampur lumatan daging ikan bandeng berbumbu dengan bumbu-bumbu pilihan dan diisikan kembali ke dalam kulit ikan bandeng sehingga diperoleh produk baru tanpa mehilangkan cita rasa khas bandeng.

Olahan Otak-Otak Ikan Bandeng

Di desa raci sendiri juga terdapat beberapa UMKM milik warga yang memproduksi olahan otak-otak ikan bandeng, salah satunya adalah UMKM “Rumah Bandeng Berkah” milik ibu Siti Maunah warga desa raci, Rt.05/Rw.03. Di rumah produksi bandeng berkah ini bukan hanya membuat olahan otak-otak bandeng saja, melainkan ada lain-lainnya juga seperti; Bandeng Presto, Bandeng Asap tanpa duri, dan Kerupuk Ikan Bandeng. Adapun nomer WhatsApp (WA) penjual yaitu : (+62 896-3444-3575)

Olahan Bandeng Presto
Olahan Bandeng Asap tanpa Duri
Olahan Kerupuk Duri Ikan Bandeng

Dengan adanya usaha pengolahan ikan bandeng ini diharapkan dapat mengurangi tingkat pengangguran dan meningkatkan penghasilan terutama bagi ibu rumah tangga yang ikut kerja serta dapat meningkatkan perekonomian desa.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan