Musrenbangdes dan Penetapan RKPDES Tahun Anggaran 2023 Desa Raci Kec. Batangan Kab. Pati.

  • Nov 09, 2022
  • RACI-BATANGAN
  • BERITA, DANA DESA, PEMERINTAHAN, KEGIATAN, PEMBANGUNAN

 

Raci, 8 November 2022. Musrenbangdes dan Penetapan RKPDES Tahun Anggaran 2023 Desa Raci Kecamatan Batangan Kabupaten Pati dilaksanakan di Balai Desa Raci pada Selasa 8 November 2022. Kegiatan ini diikuti oleh muspika kecamatan batangan, perangkat desa, BPD, kepala desa, tokoh masyarakat dan pendamping desa.

Kepala desa menyampaikan tentang rencana lelang tanah kas desa untuk membiayai sejumlah kegiatan, begitu pula ia menjelaskan tentang pengalihan dana PAD dari lelang tanah yang rencana untuk memasang eternit balai desa dialihkan untuk perbaikan jembatan yang rusak akibat banjir.  Rencana meningkatkan status IDM desa maju yang akan menjadi Desa Mandiri tahun depan.

Pada kesempatan ini camat menyampaikan tentang pentingnya kesiapsiagaan bencana setelah desa Raci dilanda banjir beberapa waktu lalu akibatnya jebolnya tanggul kali gandam di Desa Ngening yang airnya mengalir hingga ke Desa Raci.

Selanjutnya kepala desa menyampaikan rencana kegiatan yang akan dilakukan pada tahun 2023 baik yang bersumber dari PAD, ADD dan dana desa.

Pendamping desa telahh menyiapkan bahan paparan permendesa 8 Tahun 2022 tentang prioritas penggunaan dana desa tahun 2023. Diantaranya berisi tentang pemutakhiran data IDM  dan data SDGs Desa Raci yang telah bisa menunjukkan jumlah data warga miskin ekstrem. Data SDGs juga telah menunjukkan data individu dan keluarga yang hampir semua terdata, hanya kurang 10 kuesioner RT dan data desa. Untuk data IDM dibutuhkan tambahan 0,0035 untuk menjadi desa mandiri. Rekomendasi kegiatan untuk meningkatkan nilai tersebut dengan membuat kelompok olah raga minimal 8, pembuatan jalur evaluasi untuk bencana banjir, pembelian APAR dan adanya layanan bank umum di desa dengan adanya BRI-link.

 Berita diulis oleh Mokhammad Agus Prijadi Pendamping Desa Batangan.